Network Layer

A. Pengertian Router dan Jenis-Jenisnya
Router adalah System perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan sejumlah paket data dari suatu jaringan internet menuju ke tujuannya dengan melalui sebuah proses yang biasa disebut routing. Router tersebut menghubungkan dua jaringan atau lebih, sehingga berbeda dengan switch. Perbedaan mendasar antara router dan switch adalah, jika router berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih dari satu jaringan LAN, sedangkan switch tersebut berfungsi untuk menghubungkan sejumlah perangkat guna menghasilkan jaringan LAN itu sendiri. Jadi memang berbeda cukup jelas. Router tersebut bisa digunakan untuk mengkoneksikan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang ukurannya lebih besar, atau yang disebut dengan internetwork.

Jenis-Jenisnya

1. Router PC
Router PC adalah Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk mensharing atau membagi IP Address. Router PC merupakan computer yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi sebagai router. Sebuah computer bisa dijadikan router tidak harus dengan spesifikasi yang tinggi. Computer pentium dua memiliki hard drive 10 GB dan ram 64 sudah bisa digunakan sebagai router dengan cara menginstall system operasi khusus untuk router tersebut. Yang paling banyak digunakan adalah system operasi Mikrotik.
2. Router Hardware
Router Hardware adalah sistem perangkat yang memiliki kemampuan seperti halnya router, sehingga hardware atau perangkat keras tersebut bisa membagi, memancarkan, serta juga mensharing IP Address.
3. Router Aplikasi
Router Aplikasi adalah aplikasi yang dapat diinstal pada Sistem Operasi sehingga bisa membuat Sistem Operasi bersangkutan memiliki kemampuan seperti halnya router, contohnya WinProxy, WinRoute, SpyGate dan juga WinGate.

B. Protokol yang Ada Pada Network Layer
  • DDP (Delivery Datagram Protol), merupakan protocol transport yang biasa digunakan oleh jaringan computer Apple.
  • IP (Internet Protocol ), bagian dari protocol TCP / IP yang menyediakan informasi routing dan system pengalamatan logika.
  • IPX (Internetwork Packet eXchange) dan NWlink merupakan protocol yang disediakan oleh system operasi Netware yang dibuat oleh Novell, digunakan untuk routing packet.
  • NetBEUI dibangun oleh IBM dan Microsoft, menyediakan layanan transport untuk NetBIOS.
C. Internet Control Message Protocol (IMCP)
ICMP adalah kependekan dari Internet Control Message Protocol. ICMP merupakan bagian dari Internet Protocol. ICMP digunakan peralatan-peralatan yg terhubung melalui jaringan internet untuk keperluan analisa jaringan. Penggunaan ICMP yang terkenal adalah ping dan traceroute.

D. Pengertian Tracertroute dan Cara Memakainya
Tracertroute merupakan sebuah peritah untuk mengetahui jalur yang dilewati oleh user sampai ke tujuannya
Cara Penggunaannya
  1. Buka CMD (Command Prompt) di windows dengan cara mengklik tombol windows+r lalu ketikkan CMD.
  2. Lalu ketikkan tracert (nama website/dns nya)
    Tunggu sampai selesai
  3. Jika sudah selesai anda bisa melihat IP Gateway yang sudah dilewati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah langkah menginstall debian 8 berbasis CLI(command line Interpreter) pada virtual box

Desain Web Part 2

MENGGABUNGKAN GAMBAR DALAM TEKS, POSISI TERHADAP TEKS SECARA VERTIKAL